Shin Tae-yong Latih Timnas dan Fokus Piala Dunia

 

Dilansir di halaman media Bolanusantara, Timnas Indonesia akan segera memiliki pelatih baru. Yakni Shin Tae-yong, pelatih 49 tahun yang sempat memimpin Timnas Korea Selatan. Tak hanya menjadi pelatih Timnas senior, Shin Tae-yong juga akan memimpin dua kelompok umur Timnas Indonesia.

 

Dilansir dari salah satu jurnalis Korea Selatan, Steve Han, Shin Tae-yong akan fokus di Piala Dunia U-20 2021. Eks pelatih Seongnam Ilhwa ini nantinya akan menahkodai Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia 2021 serta Timnas Indonesia U-23.

“Fokus utama Shin Tae-yong di Indonesia adalah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia secara otomatis bermain di Piala Dunia U-20 2021. Shin akan memimpin Indonesia U-20, U-23, dan senior. PSSI melihat sang pelatih berpengalaman di kelompok umur,” tulus Steve Han.

Menurut Steve, Shin akan membawa dua asisten pelatih, termasuk pelatih fitnes. Mereka adalah Kim Hae-won selaku pelatih kiper dan Lee Jae-hong selaku pelatih fitnes. Dua nama ini juga menemani Shin Tae-yong kala memimpin Korea Selatan.

“Shin Tae-yong masih membutuhkan satu asisten pelatih. Dia membutuhkan asisten pelatih untuk pertahanan.”

Berita Indonesia kabarnya, Kamis (26/12), sang pelatih kabarnya telah terbang dari Korea Selatan menuju Indonesia. Ia akan dikontrak selama tiga tahun demi bisa memberikan prestasi bagi sepak bola Indonesia.

Walau tidak banyak menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong  dapat menilai beberapa kekurangan yang ada di Skuat Garuda. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah dari sisi stamina dari para pemain Timnas.

“Secara teknik saya tak terlalu menekankan, tetapi saya lihat ada penurunan kekuatan saat menonton pertandingannya. Di menit ke-65 atau ke-70 mereka sangat berbeda dengan babak pertama. Saya rasa tidak terlalu buruk mengetahui detail seperti itu,” kata Shin.

“Kali ini saya ingin mencari tahu. Agama wajib dihormati, tetapi untuk segi kekuatan fisik dan lain-lain perlu dipelajari. Soal budaya dan sifat di sana, saya harus mencari tahu dari tingkat bawah,” ujar Shin Tae-yong.