Fakta Unik Tentang Gigi Manusia

Sebagai mana kita ketahui, bahwa gigi merupakan salah satu belahan penting pada badan insan yang sanggup mempengaruhi penampilan dan kegiatan seseorang. Dengan demikian, seseorang yang mempunyai gigi, khususnya gigi yang berwarna putih dan higienis akan menciptakan dirinya lebih percaya diri dan biasanya lebih sering/mudah tersenyum dan akan memudahkannya dalam menjalani kegiatan sehari-hari menyerupai kegiatan mengunyah makanan atau melaksanakan kegiatan makan. Oleh sebab itu, maka tidak heran bila kita melihat sebagian orang yang rela melaksanakan pemutihan pada gigi mereka dan rajin pergi ke dokter gigi untuk membersihkan basil yang terdapat pada plak gigi demi menunjang penampilannya. Bahkan ada juga orang yang rela mengeluarkan uang yang cukup besar untuk menciptakan penampilan giginya itu menjadi tampak tepat dengan mempercantik atau memperindahnya.

Hal-hal unik dan menarik mengenai gigi manusia

Nah, ada beberapa hal unik dan menarik yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang ihwal gigi manusia. Untuk mengetahui fakta-fakta unik ihwal gigi manusia, maka simaklah ulasan-ulasan sebagai berikut!

 

1. Elemen paling keras di dalam badan manusia

Gigi merupakan elemen paling keras di dalam badan manusia. Gigi mempunyai kekuatan yang tangguh dalam mengunyah makanan sampai menghancurkannya. Salah satu bukti kekuatannya yaitu dengan membandingkan dikala kau menghancurkan es kerikil dengan menggigitnya menggunakan gigi atau menekannya menggunakan tangan, maka es tersebut tentu sanggup atau lebih mudah dihancurkan oleh gigi daripada oleh tangan kamu.

 

2. Elemen yang unik

Gigi merupakan salah satu elemen yang unik dari badan manusia. Dalam beberapa kasus, polisi atau detektif memerlukan sampel gigi untuk memastikan identitas seseorang. Gigi menyerupai mempunyai tanda di dalamnya menyerupai halnya sidik jari pada tangan.

 

3. Terdapat 300 basil yang hidup di dalam plak gigi

Plak terdiri dari lapisan bening di gigi dan kuman. Plak diketahui mempunyai 300 (tiga ratus) basil yang hidup di dalamnya. Untuk itu, biar basil di dalam plak gigi tidak semakin berkembang, kau disarankan menyikat gigi sebelum tidur atau bahkan kau juga sanggup melaksanakan kumur-kumur menggunakan cairan pembersih verbal untuk mendapat hasil yang maksimal.

 

4. Membutuhkan air liur

Air liur diharapkan untuk membersihkan gigi secara alami. Rata-rata orang mempunyai 10.000 (sepuluh ribu) galon air liur selama hidupnya. Akan tetapi, produksi air liur di dalam badan insan semakin usang (semakin bertambahnya usia) maka akan semakin lambat. Oleh sebab itu, orang-orang yang sudah lansia (lanjut usia) biasanya rentan atau gampang terkena gangguan penyakit gigi.

 

5. Membutuhkan biaya perawatan yang mahal

Mungkin kau berpikir bahwa gigi akan gampang diurus (dirawat) dan tidak mempunyai perawatan yang mahal. Namun faktanya banyak orang yang menghabiskan uang mereka untuk mempercantik gigi mereka. Menurut riset (penelitian), orang Amerika menghabiskan lebih dari satu juta empat ratus ribu dollar Amerika (1.400.000 US $) atau jikalau dirupiahkan (jika nilai 1 dollar Amerika = 13.000 rupiah) maka sekitar rp. 18.200.000.000 (delapan belas milyar dua ratus juta rupiah) hanya untuk merawat gigi dan menggunakan produk pemutih. Tak hanya itu, sebagian dari mereka pun banyak menghabiskan uang sekitar 775.000.000 US $ (tujuh ratus tujuh puluh lima juta dollar Amerika) atau sekitar rp. 10.075.000.000.000 (sepuluh triliun tujuh puluh lima milyar rupiah) per tahunnya hanya untuk sikat gigi.